Rabu, 01 Februari 2012

Lima pertanyaan tentang bekerja dengan Arsitek


Ide membangun atau merenovasi rumah Anda bisa jadi sedikit menakutkan. Skema-skema desain membanjiri pikiran Anda ketika Anda menatap ke sebuah ruangan yang kosong atau dapur yang kaku. Namun bagaimana Anda dapat mewujudkan ide-ide tersebut menjadi nyata? Untuk itulah arsitek ada untuk membantu Anda. Tapi tetap saja muncul pertanyaan, dari mana harus memulai? 


Apakah saya membutuhkan seorang arsitek? 

Ketika Anda berada pada suatu proses pembangunan yang membutuhkan waktu paling tidak sekitar 12 hingga 18 bulan dari mulai awal hingga selesai, keberadaan peran arsitek menjadi penting karena seperti yang disebutkan di sumber online dari American Institute of Architects? (AIA), Architects and the Public, bahwa ?Proyek-proyek bangunan umumnya membutuhkan gambar desain dan dokumen konstruksi, pengawasan terhadap kinerja kontraktor pelaksana, dan evaluasi terhadap kemajuan dan kualitas pelaksanaan pembangunan?. Perlu juga mempertimbangkan bahwa seorang arsitek mungkin telah menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan tentang bagaimana sebuah rumah akan terlihat (termasuk bagaimana ia akan berfungsi) seperti bagaimana Anda menghabiskan waktu untuk beristirahat. 

Baiklah, jadi saya membutuhkan arsitek, lantas berapa biaya yang dibutuhkan? 

Biayanya akan tergantung kepada beberapa hal, yaitu pada dana Anda untuk proyek tersebut, biro konsultan perencana, metode komisi, dan jasa apa saja yang akan diberikan oleh si arsitek. Terdapat banyak sekali metode komisi, tetapi biasanya standar yang digunakan adalah 15 hingga 25 persen dari total biaya pembangunan proyek tersebut (nilai persentase ini akan berubah tergantung kepada seberapa besar dana Anda). Metode komisi lainnya antara lain seperti pembayaran jasa berdasarkan jam kerja yang digunakan, berdasarkan meter persegi bangunan, dan metode-metode lainnya yang berada pada kisaran yang tidak terlalu jauh berbeda. 

Bagaimana saya mengetahui tentang pelayanan apa saja yang akan saya dapatkan? Saya tidak mau membayar sesuatu yang tidak saya butuhkan. 

Pada umumnya sebuah proyek membutuhkan lima jasa yang utama, yaitu desain skematik, pengembangan desain, persiapan dokumen pelaksanaan, pelelangan dan negosisasi, dan administrasi pelaksanaan konstruksi. Anda dapat menambahkan jasa-jasa lainnya atau meminta hanya satu atau beberapa dari jasa di atas, yang keseluruhannya terserah kepada Anda dan arsitek Anda. Untuk nilai nominal biaya, Anda bisa mendapatkan dari kantor cabang AIA beberapa dokumen yang akan menuntun Anda untuk memahami sekitar 80 pelayanan arsitektural yang tersedia. Dua di antara dokumen-dokumen ini memiliki signifikansi khusus: B141, yang akan membantu Anda mempersiapkan parameter-parameter yang akan didiskusikan dengan arsitek Anda, dan B163, yang akan membantu anda mencapai kesepakatan tentang pelayanan-pelayanan apa saja yang Anda inginkan. Seluruh surat kesepakatan antara arsitek-klien pada seri B ini patut dipertimbangkan (sinopsis tersedia di www.aia.org) 

Lalu bagaimana saya dapat menemukan arsitek yang sesuai untuk saya? 

Untuk langkah awal, Anda dapat menemui dan mewawancarai empat hingga enam arsitek. Silahkan bertanya sebanyak-banyaknya apa pun pertanyaan yang Anda rasa perlu diutarakan. Seperti dalam hubungan jangka panjang lainnya, kepercayaan adalah hal yang penting. Mintalah pada mereka untuk menunjukkan portfolio mereka, dan berikan perhatikan pada proyek-proyek yang kiranya setara dengan proyek Anda nantinya. Dan jangan lupa pula untuk meminta referensi. Hal yang terpenting lainnya adalah memberitahukan dengan sejelas-jelasnya keinginan, kebutuhan dan kesanggupan Anda. Setelah itu, arsitek yang tepat akan dapat memulai program desainnya yang dapat membantu Anda mengerti proses dan pekerjaan pada tahap-tahap berikutnya. 

Bagaimana apabila saya merasa tidak puas dengan hasil desainnya? 

Ungkapkan ketidakpuasan tersebut kepada arsitek Anda, sehingga revisi pada desain sesuai dengan keinginan Anda dapat dilakukan dan waktu yang akan diberikan untuk meninjau kembali keseluruhan desain dapat ditentukan sebelum pelaksanaannya dimulai. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar semuanya tetap teratur sesuai dengan jadwal dan dana. Pastikan seluruh pertanyaan Anda telah terjawab sebelum masuk masa pelaksanaan karena bisa jadi terdapat perubahan-perubahan yang disebabkan oleh masalah pendanaan dan jadwal. Hal ini tidak seharusnya menjadi masalah nantinya apabila semenjak awal Anda dapat mengungkapkan apa yang Anda inginkan secara menyeluruh. Jika tidak, bahkan suatu pelaksanaan pun dapat saja dibatalkan sewaktu-waktu sebagai akibatnya. Oleh karena itu, lebih baik memulai sesuatu dengan sedikit lebih mahal daripada berakhir dengan sesuatu yang tidak Anda senangi. 



 

0 komentar:

Posting Komentar